Unordered List

In the learning process.

Thursday 28 February 2013

Ini Dia Tipe-tipe Transaksi Jual-Beli Di Dunia Maya



Jual beli online dan e-commerce semakin menggeliat, banyak situs jual beli hadir serta semakin banyak brand yang menyediakan barang mereka untuk bisa dibeli secara online. Namun demikian, masalah keamanan, pelayanan serta kurangnya pemahaman atas proses jual beli online masih menjadi persoalan di dunia jual beli online atau e-commerce di Indonesia.
Masing-masing pelaku e-commerce pun kini harus bisa memberikan sosialisai bagi para pengguna atas berbagai proses e-commerce sambil terus meningkatkan layanannya. Permasalahan logistik, kesesuaian produk antara yang dipajang di situs dan yang dikirimkan serta layanan pelanggan adalah beberapa hal yang harus terus ditingkatkan dalam masa pertumbuhan e-commerce di Indonesia ini.
Bagi konsumen, selain keamanan, penjelasan detail tentang proses jual beli online tentunya adalah hal yang diinginkan ada di setiap situs, marketplace atau sarana jual beli online. Selain itu, konsumen pun perlu mengetahui tentang cara pembayaran yang biasanya disediakan oleh layanan e-commerce dan sarana jual beli online. Ini dilakukan agar bisa memilih mana yang terbaik serta dirasakan aman dalam proses membeli.
Berikut beberapa cara pembayaran yang biasanya disediakan oleh para penyedia layanan e-commerce.

  • Transfer antar bank
Cara pembayaran ini adalah yang paling umum yang disediakan layanan e-commerce dan para penjual online di Indonesia, serta menjadi alat pembayaran yang paling populer. Konsumen biasanya sudah terbiasa dengan metode ini dan menjadi bagian sehari-gari.
Mekanismenya adalah mentransfer uang pada rekening situs e-commerce atau penjual, kemudian mengirimkan bukti pembayaran lewat email sebagai konfirmasi.
Biasanya ada kepercayaan yang cukup tinggi antara penjual dan pembeli karena tingkat penipuannya cukup tinggi. Antara lain, barang tidak dikirim tetapi uang untuk membeli barang telah ditransfer, pun demikian sebaliknya. Resiko lain adalah resiko ketidaksesuian barang dengan yang dibeli.
Tetapi ada pula situs e-commerce yang telah bekerja sama dengan bank tertentu dan menyediakan layanan pembayaran antara bank di menu pembayaran via ATM atau e-banking, sehingga lebih bisa dipercaya. Karena biasanya proses ini tidak mudah dan bank pun cukup selektif untuk memelih siapa yang bisa masuk dalam menu pembayaran di layanan mereka.

  • Kartu kredit
Menjadi salah satu pembayaran yang cukup otomatis untuk beli barang online namun peminatnya masih cukup sedikit. Salah satu alasannya adalah masih dikitnya pemilik kartu kredit di Indonesia serta faktor keamanan atau fraud.
Namun, kini telah banyak layanan atau sistem pembayaran yang telah menerapkan strategi keamanan untuk pembayaran menggunakan kartu kredit di situs e-commerce. Layanan sistem pembayaran ini menjadi sistem yang bekerja di belakang layar yang memudahkan dan memberikan jaminan keamanan bagi para konsumen dalam membeli barang atau produk online.
Pembayaran kartu kredit juga menjadi salah satu ciri e-commerce dengan fasilitas lengkap karena otomisasi dari pembayaran yang disajikannya.

  • Paypal
Pembayaran ini mungkin tidak terlalu populer di kalangan konsumen tanah air, namun untuk e-commerce luar hampir semuanya menyediakan cara pembayaran menggunakan Paypal. Paypal secara singkat bisa dijelaskan sebagai salah satu alat pembayaran internasional yang digunakan untuk transaksi keuangan, termasuk melakukan pembelian secara online.
Pembayaran dilakukan ke akun Paypal, dan nantinya penjual akan mencairkan jumlah uang yang ada di akun Paypal ke bank yang bersangkutan.

  • Rekening Bersama atau Escrow
Cara pembayaran ini mengikut sertakan pihak ketiga yang dipercaya sebagai lembaga pembayaran. Jadi uang ditransfer dahulu ke pihak Rekening Bersama atau Escrow lalu setelah barang diterima pembeli uang baru ditransfer ke penjual.
Cara pembayaran ini juga populer di sarana jual beli online berbentuk forum serta banyak digunakan bagi mereka situs jual beli online yang belum menyediakan sistem pembayaran otomatis. Cara pembayaran ini juga banyak dipilih karena dianggap aman, barang diterima uang baru diberikan pada penjual.
COD (Cash On Delivery)
Ini sebenarnya bukan sistem pembayaran untuk belanja online, tetapi lebih pada cara pembayaran. Pembeli membeli barang secara online, barang diantar dan baru pembayaran dilakukan. Cara pembayaran ini bisa jadi paling aman karena pembeli bisa melihat barang yang dijual cara ini bukanlah e-commerce, dan menghilangkan kemudahan dalam belanja online yang tidak memerlukan uang tunai dan otomisasi sampai barang dikirimkan.
Pengguna lokal, selain transfer antar bank memilih metode ini karena masih kurang percaya pada keamanan e-commerce serta perilaku yang masih membutuhkan untuk melihat produk sebelum membeli. Namun demikian, cara pembayaran ini paling pas untuk barang second, karena biasanya kondisi barang sudah digunakan atau tidak seperti barang baru.

  • Potongan Pulsa
Cara pembayaran ini memang dilakukan untuk barang digital, seperti aplikasi untuk smatrphone atau konten digital lain dan tidak digunakan untuk pembelian produk fisik. Namun, potong pulsa adalah cara pembayaran lain yang termasuk pada proses jual beli online, dengan barang dagangan digital. Beberapa produk digital biasanya disediakan di toko aplikasi, penyedia layanan ebook atau koran/majalah digital serta konten digital lain.
Salah satu keungulan adalah kemudahan, karena hampir semua yang memili smartphone pasti memiliki pulsa.
Daftar di atas adalah beberapa cara pembayaran yang biasanya dilakukan atau tersedia di situs jual beli online dan e-commerce. Penjelasan yang diberikan memang tidak lengkap dan cukup sederhana, namun bisa menjadi acuan bagi mereka yang ingin membeli barang secara online.
Ada baiknya konsumen juga melakukan survei dulu atas toko atau penjual online dan yakin bahwa situs online yang ada aman untuk bertransaksi. Untuk e-commerce ‘modern’ yang telah menyediakan pembayaran dengan kartu kredit, jangan lupa untuk memilih situs e-commerce yang didukung layanan atau sistem pembayaran yang telah dilangkapi sistem deteksi fraud.
*) Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Veritrans Indonesia, layanan yang menjadikan pembayaran online lebih mudah, cepat dan lebih aman.

0 komentar:

Post a Comment