Unordered List

In the learning process.

Thursday 28 February 2013

8 Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan adalah sebuah sarana publik yang digunakan untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat lain dimana terdapat jalan biasa tidak bisa dibangun diatasnya, biasanya adalah sungai, antara dua tebing atau gedung. Ada banyak jembatan yang dibangun di dunia, berbagai bentuk, tinggi atau panjangnya. nah yang paling membuat orang terpukau dari sebuah jembatan adalah ketika jembatan tersebut memiliki panjang yang diatas rata-rata.
Ini juga sebagai bukti bahwa umat manusia telah berkembang selangkah lebih maju dengan membangun jembatan-jembatan super tersebut. dan mari kita berkenalan dengan 8 jembatan terpanjang di dunia. kita mulai dari peringkat terbawah.

8. Chesapeake Bay Bridge-Tunnel (US)
Chesapeake Bay Bridge-Tunnel Panjang jembatan ini adalah 28,3Km dimana dibangun di teluk Chesapeake yang menghubungkan pantai timur Semenanjung Delmarva tentang Virginia dengan Virginia Beach dan daerah metropolitan Jalan Hampton, Virginia. Pembangunan jembatan ini untuk menggantikan peran kapal feri. Pembangunan jembatan ini membutuhkan waktu yang lumayan lama dimana awal pembangunannya dimulai pada 1930an dan baru selesai pada 1964.

7. Atchafalaya Swamp Expressway (US)
Atchafalaya Swamp Expressway Jembatan Atchafalaya Swamp Expressway adalah sepasang jembatan paralel yang menghubungkan Baton Rouge dan Lafayette, ia memiliki 10 ruas jalan dengan total panjang 29,2Km.

6. Donghai Bridge (China)
Donghai Bridge
Selesai dibangun pada 10 Desember 2005 dengan panjang 32,5Km, jembatan ini membentang membelah laut dimana ia menghubungkan Shanghai dan pulau Yangshan, Sebagian besar bagian jembatan ini memiliki tinggi yang rendah namun dibagian tengahnya terdapat bagian yang tinggi, ini dibangun dengan tujuan agar kapal-kapal besar yang akan menuju Pelabuhan bisa melintas bagian tertinggi ini bahkan memungkinkan sebuah kapal induk untuk melintasinya.

5. Runyang Bridge (China)
Donghai Bridge Adalah sebuah jembatan dari bagian sebuah jalan tol yang menghubungkan satu sisi ke sisi lainnya di sungai Yangtze, Kota Nanjing, provinsi Jiangsu. Memiliki panjang 35.66Km.

4. Hangzhou Bay Bridge (China)
Donghai Bridge Diposisi ke empat jembatan terpanjang di dunia kita kali ini adalah Hangzhou Bay Bridge dengan panjang total 35,67Km, ia menghubungkan kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang. Pembangunannya selesai pada 14 Juni 2007 dan secara resmi beroperasi pada 1 Mei 2008. dengan dibangunnya jembatan ini maka jarak waktu tempuh dapat diperhemat sampai 4 jam.

3. Manchac Bridge
Manchac Bridge Jika kriteria sebuah jembatan terpanjang di dunia dipersempit menjadi kategori bentang panjang jembatan di atas air, maka Manchac Bridge adalah pemenangnya. Panjangnya 36,69Km. Mulai dibuka pada tahun 1979 jembatan ini dibangun diatas sebuah rawa Manchac di Louisiana dan menghabiskan dana pembangunan sebesar $7Jt/Km-nya.

2. Lake Pontchartrain Bridge (US)
Lake Pontchartrain Bridge Dibangun diatas danau Pontchartrain di daerah selatan negara louisiana, Amerika Serikat. dia adalah jembatan terpanjang di dunia diatas air tawar. telah beroprasi sejak 1969. Panjang totalnya adalah 38,35Km.

1. Qingdao Haiwan Bridge (China)
Total panjangnya adalah 41.58Km, dia dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia yang masih berdiri hingga sekarang oleh Guinness World Records. Jembatan ini menghubungkan distrik Qingdao dan Huangdao di teluk Jiaozhou. Mulai dibangun pada 2007 kemudian selesai dan langsung beroperasi pada 30 Juni 2011.
Qingdao Haiwan Bridge

Kita tahu perkembangan pembangunan umat manusia tidak akan berhenti sampai disana sama seperti perkembangan gedung tertinggi di dunia. maka itu jembatan terpanjang di dunia akan mungkin terus ada dan saling mematahkan rekor-rekor sebelumnya. Namun apapun itu pembangunannya semoga bisa mempermudah kehidupan umat manusia tanpa merusak lingkungan yang mungkin saja mendapat dampak dari pembangunan tersebut agar seimbang antara kelangsungan alam dan perkembangan transportasi. Semoga Bermanfaat. :)

0 komentar:

Post a Comment